Wednesday 10 March 2010

Penyebab Penyalahgunaan Narkoba

Tidak ada alasan sedikitpun untuk mencoba atau sekedar ingin tau rasanya bagaimana Narkoba itu, jelas tidak ada manfaatnya sama sekali.
Bahkan dapat membawa kita kejurang kehancuran dan bahkan kematian. Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab penyalahgunaan Nakoba, antara lain :

  • Sisi pengetahuan
Tidak adanya pendidikan atau pengetahuan yang ditanamkan sejak dini tentang apa itu Narkoba dan bahannya, serta bagaimana memeranginya. seharusnya pendidikan tentang bahaya Narkoba itu dimulai dari masa kanak-kanak, kalau perlu biasakan mata pelajaran tentang Narkoba di sekolahan.

  • Sisi sosial keluarga
Hubungan yang kurang harmonis antara anak dan orangatua menyebabkan anak mencari pelarian dan bergaul dengan orang-orang yang tidak baik. Bila dibandingkan dengan anak yang dibesarkan dengan perhatian penuh dari orangtua, anak yang kurang mendapat perhatian memiliki resiko yang tinggi utnuk mencoba atau menyalahgunakan Narkoba.

  • Sisi pergaulan (Teman bermain)
Dilingkungan pergaulan terjadi karena beberapa faktor pendorong pemakaian Narkoba diantaranya adalah :

  1. Untuk sekedar iseng dan mencari kesenangan,
  2. Supaya diterima dilingkungan tempat bermain atau teman bermain,
  3. Coba-coba sekedar ingin tahu rasanya dan beranggapan bahwa mencoba sekali tidak akan ketagihan (kurang percaya diri)
  4. Melarikan diri dari kenyataan hidup yang pahit atau trauma masa lalu (putus cinta, hubungan antara anak dan orang tua tidak harmonis).




Artikel Diatas Di IL-Hami
Dari
Penyuluhan Dinas Pendidikan
Kec. Baturetno




0 komentar:

Post a Comment

  © Ratna-Always For You The Transformers by Blog Tips And Trick 2009