Minggu, 31 Januari 2010

C. Jenis - Jenis Rapat (3)

Orang-orang sering menggunakan kata rapat dalam keseharian. Baik ketika situasi formal maupun tidak formal. Dalam setiap kegiatan rapat tentu mempunyai tujuan rapat dan jenis rapat yang berbeda. Rapat terdiri atas beberapa jenis, tergantung cara pandangnya atau segi peninjauannya :

a. Rapat Berdasarkan Tujuan;
  1. Rapat Penjelasan ( Teaching Conference ). Adalah rapat yang bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada anggota tentang kebijaksanaan yang diambil oleh pimpinan organisasi tentang prosedur kerja baru, untuk mendapatkan kesenangan kerja.
  2. Rapat Pemecahan Masalah ( Problem Sulfing Conference ). Adalah rapat yang bertujuan untuk mrncari pemecahan masalah tentang suatu masalah yang sedang di hadapi.
  3. Rapat Perundingan ( Negotiation Conference ). Adalah rapat yang menghindari timbulnya suatu perselisihan. Mencari jalan tengah agar tidak selalu merugikan kedua belah pihak.
b. Rapat Berdasarkan Sifatnya;
  1. Rapat formal. Adalah rapat yang diadakan dengan suatu perencanaan terlebih dahulu. Menurut ketentuan yang berlaku dengan persetujuan secara resmi mendapat undangan.
  2. Rapat informal. Adalah rapat yang diadakan tidak berdasarkan suatu perencanaan formal. Rapat terjadi setiap saat, kapan saja, di mana saja, dan dengan siapa saja. Rapat informal dapat terjadi scr kebetulan karena para pesertanya bertemu dan membicarakan suatu masalah yang menyangkut kepentingan bersama.
  3. Rapat terbuka. Adalah rapat yang dapat di hadiri oleh setiap anggota menteri yang dibahas bukan masalah yang bersifat rahasia.
  4. Rapat tertutup. Adalah rapat yang di hadiri oleh peserta khusus atau tertentu, yang dibahas menyangkut masalah-masalah yang bersifat rahasia.
c. Rapat Berdasarkan Jangka Waktunya;
  1. Rapat mingguan. Adalah rapat yang diadakan sekali dalam seminggu, yang membahas masalah-masalah rutin yang di hadapi oleh masing-masing peserta rapat.
  2. Rapat bulanan. Adalah rapat yang diadakan sebulan sekali, tiap akhir bulan. Untuk membahas hal-hal/ peristiwa pada bulan yang lalu.
  3. Rapat semester. Adalah rapat yang diadakan tiap semester, yang bertujuan untuk mengadakan evaluasi hasil kerja selama 6 bulan yang lalu dan mengambil langkah selanjutnya dalam jangka waktu 6 bulan berikutnya.
  4. Rapat tahunan. Adalah rapat yang diadakan sekali dalam setahun (maksudnya rapat pemegang saham).
d. Rapat Berdasarkan Frekuensinya;
  1. Rapat rutin. Adalah rapatyang telah ditentukan waktunya (mingguan, bulanan, tahunan).
  2. Rapat insidental. Adalah rapat yang tidak berdasrkan jadwal, tergantung pada masalah yang di hadapi.
  • Biasanya rapat ini diadakan apabila ada masalah yang sangat ungeril yang harus segera dipecahkan bersama.
e. Rapat Berdasarkan Namanya;
  1. Rapat kerja. Adalah rapat yang membicarakan keseluruhan unit kerja dan rapat ini biasnya di adakan satu tahun sekali.
  2. Rapat dinas. Adalah rapat yang diadakan untuk kepentingan pembicaraan urusan kantor sehari-hari yang menyangkut kedinasan.
  3. Musyawarah kerja.




Artikel Diatas Di IL-Hami
Dari
Buku Pelajaran Adm. Perkantoran
SMK MUHAMMADIYAH 1 BATURETNO



1 komentar:

Sekretaris Profesional 3 Mei 2011 19.01  

say,,artikel yang kamu buat ini kamu ambil dari buku apa ya??
penerbit, tahunnya, judulnya dan siapa pengarangnya??
thanks ya, blog kamu ngebantu aku banget buat ngelengkapin skripsi aku. thanks

Poskan Komentar

Share It

follow me

Please, Beri Makan Hamterku

  © Ratna-Always For You The Transformers by Blog Tips And Trick 2009