Monday 11 January 2010

Hambatan Komunikasi dan Cara Mengatasinya (4)

E. Hambatan Komunikasi

1. Hambatan dari Proses Komunikasi
  • Hambatan dari pengirim pesan, misalnya pesan yang akan disampaikan belum jelas bagi dirinya atau pengirim pesan, hal ini dipengaruhi oleh perasaan atau situasi emosional.
  • Hambatan dalam penyandian/simbol
  • Hal ini dapat terjadi karena bahasa yang dipergunakan tidak jelas sehingga mempunyai arti lebih dari satu, simbol yang dipergunakan antara si pengirim dan penerima tidak sama atau bahasa yang dipergunakan terlalu sulit.
  • Hambatan media, adalah hambatan yang terjadi dalam penggunaan media komunikasi, misalnya gangguan suara radio dan aliran listrik sehingga tidak dapat mendengarkan pesan.
  • Hambatan dalam bahasa sandi. Hambatan terjadi dalam menafsirkan sandi oleh si penerima
  • Hambatan dari penerima pesan, misalnya kurangnya perhatian pada saat menerima /mendengarkan pesan, sikap prasangka tanggapan yang keliru dan tidak mencari informasi lebih lanjut.
  • Hambatan dalam memberikan balikan. Balikan yang diberikan tidak menggambarkan apa adanya akan tetapi memberikan interpretatif, tidak tepat waktu atau tidak jelas dan sebagainya.

2. Hambatan Fisik

Hambatan fisik dapat mengganggu komunikasi yang efektif, cuaca gangguan alat komunikasi, dan lain lain, misalnya: gangguan kesehatan, gangguan alat komunikasi dan sebagainya.

3. Hambatan Semantik.

Kata-kata yang dipergunakan dalam komunikasi kadang-kadang mempunyai arti mendua yang berbeda, tidak jelas atau berbelit-belit antara pemberi pesan dan penerima.

4. Hambatan Psikologis

Hambatan psikologis dan sosial kadang-kadang mengganggu komunikasi, misalnya; perbedaan nilai-nilai serta harapan yang berbeda antara pengirim dan penerima pesan.


F. Cara Mengatasi Hambatan Komunikasi
  1. Membuat suatu pesan secara berhati-hati, tentukan maksud dan tujuan komunikasi serta komunikan yang akan dituju.
  2. Meminimalkan gangguan dalam proses komunikasi, komunikator harus berusahadapat membuat komunikan lebih mudah memusatkan perhatian pada pesan yang disampaikan sehingga penyampaian pesan dapat berlangsung tanpa gangguan yang berarti.
  3. Mempermudah upaya umpan balik antara si pengirim dan si penerima pesan, Cara dan waktu penyampaian dalam komunikasi harus direncanakan dengan baik agar mengahasilkan umpan balik dari komunikan sesuai harapan.




Artikel Diatas Di IL-Hami
Dari
Buku Pelajaran Adm. Perkantoran
SMK MUHAMMADIYAH 1 BATURETNO



7 komentar:

Anonymous,  5 October 2010 at 19:03  

ilmunya sangat membantu, cuma saran kalau bisa sumbernya ditulis.

Ratna Purnama Sari 7 October 2010 at 22:49  

hehehe iya,... yang postingan lama emang gak ada soale dulu gak mudeng,... insya allah tar aku edit ya.

klo yang baru2... ntu dah tak kaseh sumberkan

thanks ya atas kritikannya....

Anonymous,  5 September 2011 at 23:36  

Thanks informasinya....

Anonymous,  15 May 2012 at 01:30  

mksih, artikelnya membantu skali

pakbudi 25 September 2012 at 23:33  

ya saya lagi susah menghadapi satpam yang kerja di tempat saya orangnya susah diatur, kayak monster saja. gimana ya...?

Anonymous,  25 September 2012 at 23:38  

semoga keberadaan kita lebih baik dan berguna untuk ummat manusia. jangan remehkan amanah yang sudah diberikan kepada kita. komunikasi memang penting. Tapi kalau yang diajak komunikasi nyambung ya bagus tapi kalau ''gak connex'' ya itu yang susah. Pasti akan juga ada solusi yang terbaik untuk kemajuan lembaga.Yang gak bisa diatur tentunya akan menentukan sikap keluar atau tetap di lembaga tapi harus segera berubah...amin

Unknown 12 June 2014 at 02:33  
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment

  © Ratna-Always For You The Transformers by Blog Tips And Trick 2009