Saturday, 2 January 2010

Modem

Belajar dari pengalaman kemaren-kemaren.

Adek kelasku pada dapet tugas dari guru mapel Produktifnya

Setelah dicari eh kok yang muncul iklan-iklan gak penting banget, makanya tag postingin disini
GooD Luck yua ^..^

A. Apa Modem itu??

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

B. Fungsi Modem

Modem berfungsi untuk memasukkan sinyal informasi ke gelombang pembawa; Sebaliknya demodulator mengambil kembali sinyal informasi dari sinyal gabungan.

C. Modem terbagi atas:

1. Amplitude Modulation ( AM ), yaitu rangkaian elektronik yang mengubah amplitude gelombang pembawa sesuai dengan amplitude sinyal informasi.

2. Frequency Modulation ( FM ), yaitu rangkaian elektronik yang mengubah frequency gelombang pembawa sesuai dengan perubahan frequency sinyal informasi.

3. Pulse Modulation ( PM ), yaitu system modulasi pulsa dapat dibedakan menjadi :

* a. PAM (Pulse Amplitude Modulation). amplitudo gelombang pulsa berubah-ubah sesuai dengan perubahan sinyal informasi.

* b. PPM (Pulse Position Modulation) yaitu posisi pulsa berubah-ubah sesuai sudut phasa sinyal informasi

* c. PWM (Pulse Width Modulation) jarak antara pulsa berubah-ubah sesuai dengan perubahan frekuensi sinyal pembawa.

4. Digital Modulation, terdiri dari :

* FSK (frequency shift keying), yaitu pergeseran pulsa pembawa sesuai dengan besar bilangan biner (sinyal analog yang dikodekan)

D. Jenis Modem

1. Modem 3GP

2. Modem GSM

3. Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital

4. Modem ADSL

Modem teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line.

Posisi Splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang menggunakan ADSL modem. Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan, dimana anda dapat dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa. Disisi lain anda tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem

5. Modem Kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel
Dikatakan demikian, karena melalui HSDPA terbentuklah saluran W-CDMA yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH) yang ... ... tem WCDMA (wideband CDMA)

6. Modem CDMA

Semoga bermanfaat





Artikel Diatas Di IL-Hami
Dari
http://www.wikipedia.org




Comments
1 Comments

1 comments:

Anonymous,  26 October 2010 at 17:10  

very usefull, thank you

Post a Comment

follow me

Kasih Makan Hamsterku

Networked Blogs

  © Ratna-Always For You The Transformers by Blog Tips And Trick 2009